Rabu, 14 Oktober 2015

Penghijauan Hutan DAM, Kenapa Harus Pohon Beringin Prioritas?


Pohon Beringin memiliki beberapa ciri Khusus diantaranya, Mempunyai Batang yang besar, memiliki urat dan akar yang bergelantungan, Rindang dan berbuah bulat kecil...Beringin memiliki beberapa keunggulan diantaranya: Berumur panjang, Daunnya yang lebat menjadikan udara dibawah dan sekitarnya semakin sejuk... Dan yang utama beringin bisa dijadikan pohon untuk mempertahankan air tanah dan berfungsi sebagai tondon (penyimpan) air, hal tersebut dapat dilihat dari struktur perakarannya yang dalam dan akar lateral yang mencengkeram tanah dengan baik sehingga pohon ini juga dapat dijadikan sebagai penahan tanah agar tidak longsor. Selain itu, jenis-jenis beringin memang diketahui sebagai habitat beberapa burung, hewan hewan melata lainnya, ..Bisa dibuktikan didaerah yang ditumbuhi pohon beringin biasanya jika digali sumur dibawahnya akan menghasilkan air yang jernih dan sejuk. Dibeberapa daerah bahkan dibawah pohon beringin dijadikan sebagai tempat sumber air masyarakat... Luar biasa bukan??

http://pip2bdiy.com/admin/images/Sumber_mata_air_di_dusun_Banyusoco1.JPG
Sumber mata air di dusun Banyusoco tepat di bawah pohon beringin, sumber :pip2bdiy.com



Dengan menanam beringin, secara tidak langsung juga akan mengkonservasi fauna yang menjadikan beringin sebagai tempat hidupnya. Beringin merupakan tanaman yang memiliki kemampuan hidup dan beradaptasi dengan bagus pada berbagai kondisi lingkungan. Selain itu keberadaan tanaman beringin pada kawasan hutan bisa dijadikan sebagai indikator proses terjadinya suksesi hutan. Beringin juga merupakan tanaman yang memiliki umur sangat tua, tanaman tersebut dapat hidup dalam waktu hingga ratusan tahun.

 



Pohon Induk Beringin dengan Batang cukup besar, mempunyai akar yang banyak
 
Kenapa Team  KuBINA Sangat serius dalam mengupayakan bibit beringin dan berencana secara kontiniu menghijaukan area DAM yang merupakan sumber air baku Masyarakat?? yaa karena alasan diatas tadi...
Harapannya disaat musim kemarau Air Baku tetap akan terjaga sehingga pencegahan atas krisis air yang sering terjadi di Kota dan sebagian daerah tandus bisa teratasi,... Amiin.

Siapa sangka anak beringin tumbuh yang dianggap tidak lazim, alias jauh dari pohon induk... Kenapa?? Biasanya beringin memiliki daun yang cukup rindang. Sehingga dibawah pohon tersebut tidak terkena sinar matahari, itulah mungkin yang menyebabkan biji yang jatuh persis dibawah pohon Induk jarang ada yang tumbuh...
Buah Beringin, dengan batang sebegitu besar buah beringin tergolong sangat kecil sekali, didalamnya masih ada benih yang kecil kecil lagi :)

Kali ini team KuBINA akan memberikan informasi tentang cara lain mencari bibit beringin ditempat tempat yang kita anggap tidak lazim tumbuh pohon.
Silahkan perhatikan gambar gambar dibawah, disaat team kubina mencari anakan beringin :


Anak Beringin juga sering tumbuh di atas pohon pohon tua seperti Pohon Sawit, Akasia dll



Diparit yang airnya mengalir terkadang juga bisa ditemui anak Beringin


Foto diatas Anak beringin Tumbuh di Batu miring :)

Naah sekarang sudah mulai paham kan ? ayoo mulai pasang mata siapa tau disekitar lingkungan anda ada anak beringinya. Mari kita cintai lingkungan dengan merawatnya...


Salam Hijau!
KuBINA Batam





0 komentar:

Posting Komentar

Gallery

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More